Marak, Pola Pelecehan Seksual Berulang

Penulis: Administrator Pada: Rabu, 14 Feb 2018, 08:17 WIB Megapolitan
Marak, Pola Pelecehan Seksual Berulang

MI/RAMDANI

AKSI pelecehan seksual kian marak. Setelah sebelumnya pelaku peremasan payudara di Kota Depok dilepaskan polisi, kini kasus serupa berulang. Kemarin pagi, di Jalan Bekasi Barat IV, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pria berinisial R meremas dada seorang korban perempuan selama 23 detik.

Pelaku yang ditangkap di rumahnya di Prumpung Tengah RT 02/05, Cipinang Besar Utara, sudah mengakui perbuatannya. Motifnya masih didalami jajaran Polsek Jatinegara. "Sudah mengaku. Dia terbawa nafsu saja," ungkap Kapolsek Jatinegara Komisaris Supadi, kemarin.

Pelecehan yang terjadi sekitar pukul 20.26 WIB itu terekam circuit close television (CCTV) di sekitar Jalan Bekasi Barat IV. "Korban bersama suaminya melaporkan peristiwa ini baru kemarin (Senin). Awalnya hanya berkonsultasi, namun diarahkan petugas piket untuk membuat laporan."

Selama 23 detik dalam rekam-an CCTV, korban terlihat mendapatkan perilaku tak senonoh dari belakang. Pelaku menyergap tubuh korban dari belakang dan mendorongnya ke tanah. Korban meronta, namun tubuhnya tak bisa banyak bergerak.

Setelah meremas payudara, pelaku melarikan diri ke gang lain. Adapun korban duduk di tepi jalan selebar kurang lebih 1,5 meter itu. "Warga datang menolong korban karena korban berteriak sambil menangis," jelas dia.

Kasus pelecehan seksual lainnya dialami seorang penumpang taksi online. Dalam perjalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Senin (12/2) pukul 04.00, sopir taksi yang ditumpanginya melakukan pele-cehan seksual, merampas iphone 6s, dan dompet miliknya.

"Korban mengaku sedang hamil dua bulan sehingga pelaku melepaskannya," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, kemarin.

Korban pun diturunkan di tengah jalan dan bergegas melapor ke pihak berwajib. "Tidak sampai 24 jam, akhirnya pelaku tertangkap," sambungnya. Sopir bernama Angrizal Noviandi, 30, itu telah ditangkap di Perumahan Galaxy, Kota Bekasi, Senin pukul 18.00. Polisi pun menyita mobil Nissan Livina B-1748-BIZ putih.

Menurut Argo, pelaku sempat melawan ketika akan ditangkap sehingga petugas pun menembak kakinya. "Kakinya sudah kami obati, sekarang dalam proses penyembuhan," lanjut Argo.

Dari sejumlah kasus pelecehan seksual di Jabodetabek, Kriminolog dari Universitas Indonesia Adrianus Meliala menilai ada pola yang dapat dipelajari.

"Polanya hampir serupa, di mana ketika perempuan berada di ruang publik nyatanya harus berhati-hati. Ketika berhadapan dengan orang asing, harus menjaga jarak dan punya pertahanan diri," ujarnya. (Gan/J-4)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More