Modal Silat Menuju Asian Games

Penulis: (Rul/R-3) Pada: Kamis, 15 Feb 2018, 03:31 WIB Olahraga
Modal Silat Menuju Asian Games

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

TIM pencak silat Indonesia membawa pulang empat emas pada babak final Invitation Tournament 2018/test event Asian Games 2018, Rabu (14/2). Empat emas tersebut diraih di nomor seni ganda putra, beregu putra, seni ganda putri, dan beregu putri.

Pencapaian tersebut diharapkan bisa menambah motivasi tim pencak silat untuk menyumbangkan emas bagi Indonesia di Asian Games yang berlangsung pada 18 Agustus-2 September.

Hendy, pasangan Yolla Primadona di nomor seni ganda putra, mengatakan emas, yang ia dapatkan setelah mengalahkan pasangan Filipina Alfau Jan Abad dan Almohaidib Abad dengan skor 578-568, menambah semangatnya untuk meraih emas pertamanya di Asian Games. "Ini Asian Games pertama saya di pencak silat dan saya ingin mencatat sejarah yang mungkin hanya bisa saya lakukan sekali seumur hidup," ujar Hendy.

Sementara itu, meskipun ia meraih emas di test event, penyesuaian atlet terhadap peralatan pertandingan dinilai masih kurang. Atlet putra Asep Yuldan Sani yang meraih emas di seni beregu putra mengatakan tim pencak silat baru berlatih selama satu pekan sebelum pertandingan berlangsung di Pedepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Alhasil, masa adaptasi pun dirasa kurang, terutama dengan ukuran matras pertandingan yang lebih tinggi daripada latihan dan lebih dekat dengan penonton.

"Kami belum berlatih cukup dengan matras yang baru yang lebih tinggi dibanding saat berlatih di sini sebelumnya. Matras latihan kami tidak terlalu tinggi dengan lantai," tandasnya.

Pada bagian lain, 32 atlet pelatnas Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB Gabsi) menjalani kamp pelatihan dan uji coba di Monte Carlo, Monako. Dengan didampingi tujuh ofisial pelatih, termasuk pelatih asing asal Polandia, Krzysztof Martens, kontingen 'Merah Putih' berangkat ke Monako kemarin dan akan kembali ke Tanah Air pada 28 Februari.

Ketua Umum PB Gabsi, Ekawahyu Kasih, menjelaskan tim bridge akan berpartisipasi di kejuaraan 2nd European Winter Games 2018 yang akan berlangsung pada 17 Februari hingga 23 Februari. Menurut Eka tidak ada target khusus di turnamen ini. Namun, ia menginginkan anak-anaknya tampil maksimal.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Muddai Madang, berharap bridge bisa menyumbang tiga emas di Asian Games.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More