Pemerintah Harus Cerdas Ambil Kebijakan Industri

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Kamis, 19 Apr 2018, 17:05 WIB Ekonomi
Pemerintah Harus Cerdas Ambil Kebijakan Industri

ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

UPAYA pemerintah mengembangkan industri dalam negeri saat ini dinilai masih belum optimal. Hal tersebut terlihat dari munculnya berbagai kebijakan yang selalu merepotkan dunia usaha, terutama dalam hal perdagangan luar negeri seperti importasi.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan kementerian-kementerian teknis terkait tampak berjalan masing-masing tanpa ada koordinasi yang baik.

"Salah satunya ialah persoalan buka tutup impor. Terkadang, untuk kebutuhan bahan baku yang kita harus impor dipersulit, ditutup. Sebaliknya, pemerintah malah mengimpor yang tidak perlu diimpor, mematikan produk dalam negeri,” ujar Piter di Jakarta, Kamis (19/4).

Salah satu contohnya ialah izin importasi garam industri yang sempat menjadi polemik. Walaupun saat ini persoalan itu sudah selesai dengan dialihkannya kewenangan atas izin impor garam industri dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada Kementerian Perindustrian, industri dalam negeri harus terlebih dulu kocar-kacir karena hampir kehabisan bahan baku produksi.

"Pemerintah seperti kebingungan. Padahal mereka seharusnya paham, komoditas apa yang seharusnya diimpor dan waktunya juga harus tepat," ucapnya.

Ia mengatakan, selama sektor hulu belum bisa menyediakan berbagai bahan baku keperluan industri, seperti garam industri, polyethylene therephthalate (PET) dan lain sebagainya, pemerintah sebaiknya tidak menerapkan kebijakan proteksionisme karena itu malah akan membunuh industri di dalam negeri sendiri.

"Kalau sektor hulu belum bisa didorong untuk memproses bahan baku dengan efektif, efisien, dengan angka keekonomisan yang sesuai, nanti bahan baku itu harganya akan mahal, berkualitas rendah dan pada akhirnya membuat produk indonesia tidak bisa bersaing,” jelasnya.

Karena itu, ia meminta pemerintah dapat lebih bijaksana dalam mengambil keputusan-keputusan yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang industri dalam negeri. (X-12)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More