Video

Memacu Adrenalin dengan Honda Civic Type R

SALAH satu kejutan menarik pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 ialah diperkenalkannya Honda Civic Type R.

Pada pameran otomotif yang berlangsung pada 10-20 Agustus 2017, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Banten tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) melengkapi kehadiran model Civic terbaru. Sebelumnya, HPM memasarkan dua model Civic, yakni Honda Civic Turbo (April 2016) dan Civic Hatchback Turbo (Juni 2017).

Mobil yang dluncurkan bertemakan Born to race tersebut merupakan generasi ke-5 Honda Civic Type R. Mobil tersebut tampil dengan teknologi dan performa yang telah teruji di lintasan balap dunia untuk konsumen di Indonesia.

“Honda Civic Type R merupakan model yang dikembangkan untuk mencerminkan semangat dan kecintaan Honda terhadap dunia balap. Karakter sport dari Honda Civic Type R juga tidak hanya terlihat dari keunggulan spesifikasi di atas kertas, tetapi telah teruji di berbagai lintasan balap termasuk melalui prestasinya sebagai mobil penggerak roda depan dengan rekor lap time tercepat di Sirkuit Nürburgring. Hal ini sekali lagi menunjukkan komitmen Honda untuk menghadirkan produk-produk terbaiknya untuk konsumen di Indonesia,” papar Takehiro Watanabe President Director PT HPM di GIIAS, ICE BSD, Tangerang, Jumat (11/8).

Civic teranyar ini dibekali dengan 3 driving mode yang memungkinkan konsumen selalu mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan, baik di lintasan balap maupun di jalan raya. “Dengan demikian, kami percaya Honda Civic Type R akan memberikan nilai lebih dan menjadi pilihan menarik bagi peminat mobil sport di Indonesia,” ujar Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy.

Honda Civic Type R yang dibanderol dengan harga Rp995 juta ini memiliki keunggulan karena mengusung mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500-4.500 rpm. Hal itu memungkinkan pengendara dapat langsung merasakan sensasi balap sejak tarikan gas pertama. “Kalau seri yang dulu-dulu sebelum Turbo mulainya di putaran tinggi, sekarang dari awal sudah terasa. Waktunya bagi kami membawa kembali adrenalin Anda yang dulu mengendap muncul lagi,” ujar Jonfis.

Tetap aman dan nyaman
Kecepatan Honda Civic Type R tak diragukan lagi karena berhasil mencatatkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat dengan lap time 7 menit 43.80 detik di Sirkuit Nurburging. Arena balap di Jerman itu konon memiliki lintasan tersulit di dunia hingga dijuluki sirkuit neraka.
Walau mampu memacu adrenalin, pengendara tidak perlu khawatir saat mengemudikan Honda Civic Type R karena sejatinya mobil tersebut telah didesain khusus agar para penggunanya tetap aman, nyaman, dan bahagia ketika berkendara.

Untuk menggaransi keselamatan pengguna, kendaraan tersebut dilengkapi enam airbags, ISOFIX & Tether, vehicle stability assist (VSA), hill start assist (HSA), dan anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brakeforce distribution (EBD), serta brake assist (BA).

Berkat dukungan transmisi manual enam percepatan yang telah disempurnakan oleh rev match system membuat pengendara bisa mempertahankan tenaga maksimum saat perpindahan gigi. “Pokoknya dijamin smooth, tidak zig zag karena dia merespons otomatis saat pindah gigi.”

Alvin Bahar, salah seorang pebalap yang telah lama bergabung dengan Honda, ikut mengungkapkan pengalamannya mengendarai berbagai tipe mobil balap Honda.

Menurut Alvin, tagline ‘Born to race’ yang diusung Honda Civic Type R sangat tepat karena mobil sport tersebut bukan sekadar kendaraan yang riding to race. Lebih dari itu, dengan sedikit memfokuskan pada kecepatan mesin yang dilengkapi sistem aero dinamis menjadikannya semakin mantap dipakai berkendara.

“Saya pernah punya yang Type R 2007. Meski belum Turbo, sudah luar biasa. Harapannya untuk Type R yang baru ini bisa jadi superstar dan saya yakin ini akan jadi favorit, terutama di kalangan pecinta mobil sports,” pungkasnya. (Mut/S1-25)