Video

Wajah Baru Museum Indonesia

Dalam waktu singkat MACAN menjadi populer di masyarakat karena dianggap sebagai tempat yang Instagramable. Banyak anak muda yang mulai tertarik untuk datang ke museum.

USANG, berdebu, dan membosankan. Mungkin kata-kata tersebut yang tersirat di sebagian pikiran masyarakat jika ditanya soal museum. Kondisi museum di Indonesia sendiri memang dapat dikatakan kurang menarik untuk dikunjungi, bahkan ada yang kondisinya kurang terawat. Namun, kesan tersebut tidak Anda temukan jika mengunjungi Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) yang terletak di kawasan Jakarta Barat.

Museum anyar yang baru dibuka pada akhir 2017 lalu tersebut memberikan penyuguhan karya seni yang berbeda dan langsung menjadi lokasi populer masyarakat untuk berswafoto dan memajangnya di media sosial. Museum itu memang berbeda dengan museum lainnya di Indonesia pada umumnya, baik dari konsep, koleksi, maupun kegiatan yang ada di dalamnya. Bagaimana museum tersebut bisa langsung menjadi pusat perhatian masyarakat? Berikut petikan wawancara Media Indonesia dengan Fenessa Adikoesoemo, Chairwoman of Yayasan Musem MACAN, beberapa waktu lalu. (Rizky Noor Alam/M-2)