Indonesia Ekspor Perdana Bawang Merah ke Thailand


Penulis: Antara - 18 August 2017, 22:45 WIB
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

UNTUK kali pertama Indonesia mengekspor bawang merah ke Thailand. Sebanyak 5.600 ton bawang merah senilai US$8,5 juta dikapalkan, Jumat (18/8) dan disaksikan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.

Ekspor bawang merah ini, ujar Mentan, merupakan pencapaian sektor pertanian di Indonesia yang telah berhasil menjadi eksportir bawang dari sebelumnya importir.

"Tahun ini, kita ekspor (bawang) ke Thailand. Kita harus memanfaatkannya
momentum kebangkitan nasional ini. Kami mendedikasikan ekspor ini ke Hari Kemerdekaan, "katanya dalam keterangan resminya.

Kementerian Pertanian mencatat Indonesia mengimpor 72 ribu ton bawang dari Thailand pada 2014. Angka tersebut berkurang menjadi 17 ribu ton pada 2015.

Hingga pada 2016, Indonesia sudah tidak lagi mengimpor bawang merah dari Thailand.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia telah mengekspor 657,3 ton bawang ke beberapa negara dalam tujuh bulan pertama tahun ini. Pada 2016, Indonesia mengekspor 735,7 ton bawang, Vietnam, Taiwan, Malaysia, Singapura dan Timor Leste.

"Bawangnya diekspor antara bulan Juli dan Oktober saat petani kelebihan produksi. Daerah penghasil bawang yang memasok ke pasar ekspor
adalah kabupaten Brebes, Cirebon dan Bima," katanya Amdi Amran.

Produksi bawang di Indonesia mencapai 1,45 juta ton pada 2016, naik 18
persen dari tahun sebelumnya. Tahun ini, produksi bawang merah Indonesia diproyeksikan mencapai 1,68 juta ton. Adapun kebutuhan domestik diperkirakan mencapai 1,25 juta ton.(OL-3)

BERITA TERKAIT