Ribuan Anak Putus Sekolah, Pemkot Palembang Buka Sekolah Filial


Penulis: Dwi Apriani - 13 September 2019, 17:30 WIB
MI/Dwi Apriani
MI/Dwi Apriani

PEMERINTAH Kota Palembang berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan secara merata untuk masyarakat di wilayahnya. Karena itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo melaunching sekolah filial bagi anak jalanan dan anak putus sekolah, Jumat (13/9), di Sanggar Kegiatan Belajar Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Harnojoyo mengatakan pendidikan menjadi tanggung jawab pemerintah dan orangtua. Pemerintah Palembang akan senantiasa mendorong pendidikan yang berkualitas.

"Kemajuan suatu bangsa sangat bergantung pada kualitas pendidikan generasi muda. Keberadaan sekolah filial ini untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan secara merata," ujar Harnojoyo.

Baca juga: Sekitar 23 Ribu Warga Cianjur Putus Sekolah

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto menjelaskan berdasarkan neraca pendidikan dan sensus BPS terdapat 1.278 anak putus sekolah, mulai tingkat SD hingga SMA di Palembang. Atas kondisi ini, Wali Kota Palembang menginstruksikan untuk mengaktifkan kembali sekolah filial.

"Berdasarkan catatan kita, di Palembang ini anak-anak yang orangtuanya kurang mampu sehingga mengakibatkan putus sekolah cukup banyak. Untuk solusinya, kita menyediakan sekolah filial untuk mereka," jelasnya.

Adapun sejumlah sekolah yang menjadi sekolah filial yaitu SDN 238, SMPN 19 dan SMAN 11 Palembang. Keberadaan sekolah filial ini diharapkan mampu mengakomodir anak putus sekolah. Sekolah filial ini tidak terlepas dari dukungan stakeholder yang berasal dari pemerintah, akademisi dan stakeholder lainnya.

"Hingga saat ini sudah terdapat 398 anak dari tingkat SD sampai SMA yang mendaftar untuk menjadi calon siswa sekolah filial. Rata-rata mereka berasal dari keluarga tidak mampu," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT