Tolak Trump, Australia tidak akan Konflik dengan Iran


Penulis: Haufan Hasyim Salengke - 22 September 2019, 19:45 WIB
 (Photo by ALEX EDELMAN / AFP)
(Photo by ALEX EDELMAN / AFP)

PERDANA Menteri Scott Morrison menegaskan Australia tidak akan terlibat dalam konflik militer dengan Iran, dan menyatakan komitmennya terbatas pada melindungi kebebasan navigasi di Selat Hormuz.

Trump diperkirakan akan menggunakan kesempatan dalam pertemuan para pemimpin di Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mencoba membujuk negara lain berpartisipasi. Trump dijadwalkan bertemu setidaknya selusin pemimpin dunia selama tiga hari di New York.

Morrison mengatakan, Australia tidak terlibat dengan Amerika Serikat (AS) dalam mengejar tujuannya dalam kaitannya dengan Iran, di luar komitmen terhadap kebebasan navigasi di kawasan itu.

Hal itu ia utarakan setelah pembicaraan dengan Presiden AS Donald Trump.

"Tidak ada diskusi tentang hal lain," ujar Morrison, yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Gedung Putih pada Jumat (20/9) waktu setempat.

"Ada apresiasi atas keterlibatan kami dalam operasi khusus itu yang saya ingatkan kepada semua orang tentang kebebasan bernavigasi di Selat Hormuz. Itulah masalahnya. Masalah-masalah lain yang sedang dikejar oleh AS adalah masalah yang mereka sedang hadapi."


Baca juga: Bentrok dengan Pasukan Keamanan Mesir, 74 Pendemo Ditangkap


Trump pekan lalu menyetujui pengiriman pasukan AS untuk meningkatkan pertahanan udara Arab Saudi setelah serangan terbesar yang pernah terjadi pada fasilitas minyak kerajaan, yang secara langsung dituduhkan Washington pada Iran.

Pada Agustus, Australia bergabung dengan Konstruksi Keamanan Maritim Internasional (IMSC) yang dipimpin AS untuk mendukung kebebasan navigasi di Selat Hormuz.

"Saya membuatnya sangat jelas ketika kami mengumumkan keterlibatan kami dalam pengaturan itu bahwa itu sangat banyak tentang masalah navigasi dan itulah masalahnya dan itu dihargai," kata Morrison.

Dia juga memuji Trump karena apa yang dia katakan adalah 'pengekangan' sehubungan dengan Iran.

"Dan ini baik memiliki kesempatan untuk mengonfirmasi hal itu lagi dalam perjalanan diskusi kita," kata Morrison. "Jadi saya pikir itu harus memberikan jaminan. Maksud saya Australia akan membuat keputusan untuk kepentingan nasional kita." (The Guardian/OL-1)

BERITA TERKAIT