Tanpa Perlawanan, Marquez Rebut Gelar Kelima GP Aragon


Penulis:  Yakub Pryatama Wijayaatmaja - 22 September 2019, 20:20 WIB
(Photo by JAVIER SORIANO / AFP)
(Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

JUARA dunia bertahan Marc Marquez (Respol Honda) dengan mudah meraih kemenangan kelimanya di GP Aragon, Spanyol, Minggu (22/9), setelah melintasi garis finis pertama kali, 4,836 detik dari rival terdekatnya.

Marquez yang start dari posisi terdepan (pole position), juga untuk kelima kalinya di Motorland, tak mendapati perlawanan yang berarti setelah melesat dari start dan memimpin sepanjang lomba sebanyak 23 putaran itu.

Kemenangan itu merupakan ketujuh kalinya bagi pembalap bernomor 93 musim itu sekaligus kado termanis bagi grand prix ke-200 yang ia jalani sepanjang kariernya di dunia balap.   

Andrea Dovizioso (Ducati Team) mengesankan Ducati hari itu setelah finis runner-up dari posisi start ke-10 diikuti oleh pembalap Ducati lainnya, Jack Miller (Pramac Racing) yang melengkapi podium di peringkat tiga, demikian laman resmi MotoGP.

Hanya butuh empat putaran sejak start bagi Marquez untuk menjaga jarak 2,8 detik di depan sebelum memperlebar jarak dari rival-rivalnya hingga sekitar enam detik jelang akhir lomba.

Pembalap Spanyol Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) tampak sebagai penantang utama Marquez sebelum Dovi melancarkan serangannya di tiga putaran terakhir untuk merebut posisi kedua.

Vinales juga harus kembali kehilangan posisinya di lap terakhir ketika Miller melakukan manuver di tikungan pertama dan mencuri podium hari itu.  

Kedua pembalap Ducati tampil cepat di akhir lomba namun Marquez sudah terlalu jauh di depan, merayakan finis dengan melakukan gerakan memancing dengan berdiri di atas motor Hondanya.  


Baca juga: The Minions kembali Ungguli The Daddies


Marquez kini telah mengumpulkan 300 poin menjaga jarak 98 poin dari rival terdekatnya, Dovizioso yang berada di peringkat dua klasemen.

Vinales harus puas finis P4 di depan pembalap tim independen Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di P5.  

Sementara Valentino Rossi tak mampu lebih baik dari P8 setelah kalah cepat dari Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) dan Aleix Espargaro (Aprilia) yang finis P6 dan P7.    

Di kubu Suzuki, Alex Rins (Suzuki Ecstar) harus menjalani penalti long lap karena menyebabkan insiden senggolan dengan Franco Morbidelli sehingga pembalap Petronas Yamaha SRT itu terjatuh di Tikungan 12 di putaran pertama.

Sebelum insiden tersebut, Rins juga bersenggolan dengan rekan satu timnya, Joan Mir di tikungan pertama. Namun demikian, Rins mampu merangkak naik dari posisi belasan hingga P9 di akhir lomba di depan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) di P10. Mir, sementara itu finis P14 dengan bagian aerodinamika di fairing kiri yang patah.

Rins mendatangi Morbidelli di garasi timnya di akhir lomba untuk meminta maaf karena insiden tersebut. Sayang bagi KTM, Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) dinyatakan tidak fit usai mengalami kecelakaan di sesi latihan, Sabtu, dengan keluhan cedera di pergelangan tangan kirinya sehingga absen di seri ke-14 musim ini.  

Sedangkan Mika Kallio yang menggantikan Johann Zarco hingga akhir musim untuk KTM finis P17.    

Andrea Iannone mengamankan poin bagi Aprilia di P11 mengungguli pembalap Ducati Danilo Petrucci dan pembalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) masih berkutat dengan cedera yang ia alami di Assen, Belanda, dan hanya mampu finis P20. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT