Gara-Gara Doping, Perenang AS Diskors 20 Bulan


Penulis: Basuki Eka Purnama - 12 October 2019, 10:00 WIB
AFP/VALERIE MACON
AFP/VALERIE MACON

PERENANG Amerika Serikat (AS) Conor Dwyer yang memenangkan dua medali emas Olimpiade diganjar skorisng 20 bulan setelah sebuah panel arbitrase menemukan perenang itu menanamkan pelet testosterone di tubuhnya. Hal itu dikatakan Badan Antidoping AS, Jumat (11/10).

USADA menuntut skorsing empat tahun setelah Dwyer gagal tes doping yang dilakukan di luar kompetisi pada 5 November, 27 November dan 20 Desember 2018.

Namun, panel arbitrase independen yang beranggotakan tiga orang memutuskan skorsing 20 bulan telah cukup larena Dwyer mendapatkan masukan dari dokter untuk menamakan pelet itu di bawah kulit di area pinggul.

Baca juga: Cabor Sepeda Andalkan BMX dan Downhill di SEA Games 2019

Menurut panel itu, Dwyer menyangka apa yang dilakukan terkait dengan masalah mental yang dialaminya dan tidak terkait dengan performa fisiknya di olahraga renang.

Skorsing untuk Dwyer yang memenangkan medali emas renang estafet di Olimpiade 2012 dam Olimpiad e2016 serta medali perunggu renang gaya bebas 200 meter akan dihitung mulai 21 Desember 2018, saat dia diskors sembari menunggu penyelidikan.

Tidak lama setelah keputusan skorsing itu dibacakan, Dwyer mengunggak di Instagram sebuah pernyataan pensiun dari renang. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT