Gare du Nord, Stasiun Tersibuk di Eropa akan Direnovasi


Penulis: Basuki Eka Purnama - 12 October 2019, 11:15 WIB
AFP/Philippe LOPEZ
AFP/Philippe LOPEZ

STASIUN tersibuk di Eropa, Gare du Nord, di Paris, Prancis akan direnovasi setelah pemerintah Prancis menyepakati proyek renovasi dengan anggaran 600 juta euro untuk memperluas dan membuat stasiun berusia 155 tahun itu semakin modern.

Stasiun itu merupakan pemberhentian Eurostar dari London, Thalys dari Belgia, Jerman, dan Belanda, empat jalur kereta dalam kota, serta dua jalur metro Prancis.

Bagunan seluas 35 ribu meter persegi yang menampung sekitar 700 ribu orang per hari akan diperluas tiga kali lipat menjadi 124 ribu meter persegi berdasarkan proposal yang diajukan operator kereta api SNCF dan pengembang Ceetrus.

Gare du Nord yang baru ditargetkan siap digunakan saar Olimpiade 2024 di Paris.

Baca juga: Observatorium di Gedung Empire State Dibuka Kembali

Terminal kedatangan dan keberangkatan akan mendapat tambahan luas 30 ribu meter persehi sehingga penumpang memiliki lebih banyak ruang untuk bergerak.

Untuk kawasan komersial akan mendapat tambahan luas 60 ribu meter persegi yang akan ditempati oleh gedung konser dan instalasi kesenian lainnya, sebuah gym, toko-toko, dan perkantoran.

Perluasan itu juga akan mencakup ruang terbuka hijau, jalur lari, parkir sepeda, serta restoran di atap dengan pemandangan ke Basilika Sacre Couer. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT