Anies Sarankan Pesepeda Gunakan Google Maps Agar Lebih Efisien


Penulis: Insi Nantika Jelita - 12 October 2019, 14:30 WIB
MI/Insi Nantika Jelita
MI/Insi Nantika Jelita

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan uji coba jalur sepeda fase dua, Sabtu (12/10) pagi. Ia menganjurkan warga Jakarta menggunakan aplikasi Google Maps. Hal itu supaya pesepeda lebih efisien melewati jalur yang tertera di Google Maps.

"Saya menganjurkan kalau mau naik sepeda lihat dulu Google Maps, jangan pake jalur mobil. Nanti jadi jauh. Yang di Google Maps pilih yang pakai pejalan kaki. Nanti Anda akan lewat di jalur-jalur yang lebih mudah," kata Anies di Terowongan Jalan Kendal, Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/10).

Menurut Anies, jalur sepeda itu lebih fleksibel karena melewati rute-rute yang tidak dilalui kendaraan motor dan mobil.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong warga Jakarta naik sepeda saat beraktivitas bukan hanya saat olahraga saja.

"Bagi yang bersepeda, saya menganjurkan sepedanya agar ramah perkotaan. Pilih sepeda yang sesuai dengan kondisi kota bukan sepeda gunung. Jadi kita bersepeda di perkotaan," kata Anies

Baca juga: Anies Jajal Jalur Sepeda Fase Dua

"Harapannya, banyak warga Kota Jakarta yang menggunakan sepeda dan kalau kita bersepeda lebih sehat. Yang kedua, kadang tidak kita rasakan kalau kita naik mobil karena berada di ruang tertutup. Kalau bersepeda kita berada di ruang terbuka merasakan suasana kota apalagi kalau jalan Sudirman," sambungnya.

Fase dua jalur sepeda ini mulai dari Jalan Fatmawati, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangaraja, sampai dengan Jalan Sudirman. Fase dua akan tersambung dengan fase satu di Bundaran HI.

Pembangunan jalur sepeda ini akan dibagi menjadi tiga fase. Jalur sepeda ini akan meliputi wilayah Jakarta Timur, Pusat, Selatan, dan Barat.

Untuk fase ketiga, jalur sepeda akan dibuat di enam jalur. Pembangunan akan diuji coba pada 2 hingga 19 November 2019.

Jalur sepeda rute III meliputi Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur. (OL-2)

BERITA TERKAIT