Pemprov DKI Pastikan di Tiap Stasiun MRT Ada Parkir Sepeda


Penulis: Insi Nantika Jelita - 12 October 2019, 16:00 WIB
MI/Andri Widiyanto
MI/Andri Widiyanto

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan warganya nyaman bersepeda saat beraktivitas atau bekerja. Hal itu dibuktikan melalui penyediaan tempat parkir sepeda di setiap stasiun MRT Jakarta.

Sabtu (12/10) pagi, Anies menjajal jalur sepeda fase dua. Fase jalur sepeda tersebur mulai dari Jalan Fatmawati, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangaraja, sampai dengan Jalan Sudirman.

"Tadi, saat uji coba jalur sepeda, kita berhenti di stasiun-stasiun MRT. Sekarang stasiun-stasiun MRT di pintu masuk dan keluarnya akan disediakan parkir sepeda. Jadi teman-teman yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan sepeda," kata Anies di kawasan Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/10) .

Menurutnya, saat warga Jakarta bersepeda menuju stasiun MRT atau ke kantor, bisa lebih efektif ketimbang dengan kendaraan roda empat atau dua.

"Akhir 2019 semua harus memiliki tempat parkir sepeda yang cukup. Sehingga nantinya (setiap) stasiun-stasiun kereta MRT ada tempat tersebut," kata Anies.

Baca juga: Trans-Jakarta Siapkan Bikerack di Bus

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menuturkan parkiran sepeda sudah ada di Stasiun Lebak Bulus, Cipete dan Haji Nawi. Nantinya, pihaknya akan menyediakan parkiran sepeda di seluruh stasiun MRT.

"Minggu ini, kita akan selesaikan yang sisa (parkiran sepeda di seluruh stasiun MRT). Tapi itu akan ada di semua entrance MRT di bawah tangga. Kalau seperti Cipete tadi kalau Anda liat di setiap tangga turun atau naik ada," kata William.

Ia menjelaskan mengapa sepeda diletakkan di dekat tangga pintu masuk atau keluar stasiun MRT, karena ada pihak security.

"Kita berharap para pengguna sepeda bertanggung jawab dengan membawa kunci sendiri, membawa rantai sendiri. Gratis (parkir) kalau sepeda kan. Program yang sedang dikembangkan oleh MRT itu kan program Jakarta," tandas William. (OL-2)

BERITA TERKAIT