Ian Antono: Teringat Momen Konser Bersama Gong 2000


Penulis: Gas/H-1 - 13 October 2019, 06:25 WIB
MI/ BARY FATHAHILAH
MI/ BARY FATHAHILAH

SUASANA langit Jakarta cerah dan ribuan pengunjung Pekan Budaya Nasional (PKN) 2019 tampak ramai ikut berdendang. Sambil membawa bendera Merah Putih, mereka menyanyikan lagu-lagu daerah dengan semangat nasionalisme dengan penuh kebahagiaan.

Legenda Hidup Gitaris Band Gong 2000, Ian Antono, memberikan apresiasi saat melihat pemandangan tersebut. Menurut dia, lagu daerah sebagai produk budaya bangsa memang sudah sepatutnya dilestarikan hingga dapat melekat di hati masyarakat dan terus dikenang sekaligus terdengar sepanjang masa.

"Bukan untuk kita saja, melainkan juga untuk anak, cucu, dan generasi-generasi setelahnya," tuturnya di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada kesempatan ini, lagu Rumah Kita dibawakan dengan aransemen baru dan mencantumkan beberapa lirik tambahan sekaligus lantunan yang khas dengan bunyi-bunyian alat musik daerah.

Melihat semua itu, Ian mengaku kagum. Gitaris kelahiran Malang, Jawa Timur, 68 tahun silam itu selanjutnya berharap agar musisi di Tanah Air tidak bosan membawakan lagu daerah.

Diakui, pertunjukan musik di atas Panggung Kaebauk, PKN 2019 itu pun lantas mengingatkan Ian akan masa-masa tur atau konsernya bersama Gong 2000, pada 1990-an. Sama halnya para musikus yang tampil di PKN 2019, kala itu, menurut Ian, Gong 2000 juga mengusung unsur lokal dalam pertunjukannya. Berbagai unsur musik daerah dipadupadankan dengan harapan dapat mengedepankan citra Nusantara. (Gas/H-1)

BERITA TERKAIT