Tiga Singa Terjerembap di Praha


Penulis: Rahmatul Fajri - 13 October 2019, 03:40 WIB
(Photo by JOE KLAMAR / AFP)
(Photo by JOE KLAMAR / AFP)

KENYATAAN pahit harus diterima Inggris dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020. Menghadapi tuan rumah Republik Ceko dalam penyisih-an Grup A kemarin dini hari, tim berjuluk 'Tiga Singa' itu menyerah 1-2.

Menghadapi Ceko, Inggris mampu unggul lebih dulu setelah Harry Kane mampu mengonversi tendangan penalti di menit ke-5 menjadi gol. Namun, Ceko mampu membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol melalui Jakub Brabec di menit ke-9 dan Zdenek Ondrasek 5 menit jelang laga usai.

Walau gagal menuai poin di Stadion Sinoba, Inggris memang masih memimpin klasemen Grup A dengan poin 12. Namun, tim besutan Gareth Southgate tersebut kini hanya unggul selisih gol dengan Republik Ceko yang juga mengemas 12 poin dan menguntit di posisi dua.

"Kami tampil buruk dan mudah kebobolan. Kami begitu saja membiarkan lawan mencetak gol," kata Southgate.

Southgate mengatakan dengan kekalahan ini timnya harus segera berbenah untuk dapat bersaing di level atas Eropa dan dunia. Ketajaman lini serang dengan jumlah gol dan banyaknya opsi yang dimiliki Southgate tidak diiringi dengan penampilan bek yang solid. Kelemahan di lini belakang itu akan merugikan Inggris pada Piala Eropa tahun depan.

"Malam ini adalah bukti bahwa kami masih memiliki banyak pekerjaan untuk menjadi tim yang benar-benar top," ungkap pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Sementara itu, Kane mengatakan kekalahan ini akan menjadi pelajaran bagi timnya untuk memperbaiki beberapa kesalahan. Ia menyebut, kekalahan ini jangan terlalu dikhawatirkan.

"Kami berada dalam jalur yang benar, jadi kami tidak perlu panik, tapi masih ada beberapa hal yang harus dibenahi, seperti yang Anda lihat malam ini," kata striker Tottenham Hotspur itu.

Kekalahan dari Repulik Ceko menunda kepastian Inggris lolos ke putaran final. Laga selanjutnya melawan Bulgaria, Selasa (15/10), akan menjadi penentu langkah 'Tiga Singa' ke putaran final.

Sensasi Ronaldo

Dalam lanjutan penyisihan Grup B, peluang Portugal untuk lolos ke putaran final makin terbuka setelah menang 3-0 atas Luksemburg. Dengan hasil ini, Portugal berada di peringkat dua klasemen mengemas 11 poin dari lima pertandingan. Terpaut 5 poin dari Ukraina di peringkat satu dan unggul 4 poin dari Serbia di peringkat tiga.

"Di 25 menit pertama kami bermain sangat bagus dan menciptakan banyak peluang. Walau sempat kehilangan irama pemain, di babak kedua kami mampu mengontrol penuh pertandingan," jelas pelatih Portugal, Fernando Santos.

Portugal membuka keunggul-an melalui sontekan Bernardo Silva di menit ke-16. Menit ke-65, Portugal menggandakan keunggulan melalui Cristiano Ronaldo. Sepakan lob Ronaldo tak bisa ditepis kiper Luksemburg Anthony Moris. Gol ketiga Portugal dicetak Goncalo Guedes pada menit ke-89 memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti.

Bagi Ronaldo, satu gol ke gawang Luksemburg menjadi gol ke-94 untuk timnas Portugal. Ronaldo, 34, kini terpaut 15 gol dari rekor gol terbanyak level timnas yang dipegang striker Iran Ali Daei. Pemain yang kini berseragam Juventus tersebut telah mencetak 699 gol sepanjang karier profesio-nalnya. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT